Internet Telkomsel Mahal

Internet Telkomsel MahalInternet telkomsel mahal, memang sudah kenyataannya demikian. Aksi deface situs telkomsel beberapa hari lalu banyak yang “setuju” dengan aksi hacker tersebut. Setuju dalam arti memang benar tarif iternet telkomsel mahal. Kami penulis sendiri merasakan mahalnya tarif telkomsel.  Dengan harga sama misal 50rb di telkomsel paling dapat sekitar 1GB waktu di bagi-bagi sedangkan di operator lain bisa dapat 5GB 24 jam.

Internet telkomsel mahal, benarkah?

Kalau menurut manajemen telkomsel  akibat perawatan dan pembanguan jaringan maka secara kasar bisa dikatakan tarif mengikuti. Katanya juga bahwa tarif telkomsel paling murah diantara negara lain. ya bisa jadi benar pernyataan tersebut.

Tapi jika kita melihat pendapatan 1 orang di Indonesia dan 1 orang di negara lain misal di Singapura yang dekat, apa lagi di negara maju, pasti pendapatan mereka lebih besar. jadi kalau menurut kami tidak relevan membandingkan tarif internet telkomsel lebih murah dibanding negara lain. Kita bermain di dalam negeri bukan di luar negeri. Kecuali roaming. Apalagi tarif roaming lebih mahal lagi, iya ga?

Ya memang internet butuh koneksi internasional dan butuh biaya untuk data yang ditransfer. Namun kalau yang diakses situs –situs atau data yang lokasi server di dalam negeri tentu koneksi internet ke luar juga minim. So harusnya bisa dong biaya di tekan.

Internet mahal telkomsel paket dibagi-bagi

Pembagian paket yang dibeli konsumen juga sangat tidak efektif. Lihat aja bnyak paket yang dibagi misal 500mb flash + 1500mb local data, 5GB 4G dan 13 GB (00:00-07:00). 10GB Hooq dan Viu. Kenapa ngga dibikin aja 30GB 24 jam kan lebih enak tuh. Konsumen juga bebas memanfaatkan  paket yang dibelinya dan lebih fleksibel. Paket buat nonton video juga jarang yang memakainya. Lagian paket 10GB buat nonton video sebentar juga sudah abis. Ujung-ujungnya konsumen disuruh beli lagi.

Paket besar waktu dinihari juga seringnya tidak terpakai. Jarang sekali konsumen yang mau menggunakan paket jam 00:00-07:00. Koneksi juga tidak bagus bagus amat. Di daerah Bekasi aja koneksi internet suka putus nyambung padahal sudah pakai paket super mahal.  Terjadi lag yangkadang bikin kesel.Internet Telkomsel Mahal

Semua adalah bisnis dan tentu ingin banyak untung. Memang susah menemukan titik tengah kemauan masyarakat dengan pembisnis. Masyarakat ingin tarif murah pembisnis ingin untung besar.  Pemerintah sebagai regulator harusnya peka dengan unek-unek masyarakatnya.

Harapannya sebagai konsumen, telkomsel bisa menurunkan harga paket internet dan tidak usah dibagi bagi lagi dalam waktu aksesnya dan konten yang bisa diakses dengan paket yang ada. Cukup sekian GB untuk 24 jam harga sekian. Sudah simple dan lebih relevan, jika harga mahal secara persaingan juga nantinya masyarakt bisa memilih operator lain yang lebih murah. Konsumen adalah raja. Ingat itu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s